image description
  • dibaca sebanyak 817 kali
  • diunduh sebanyak 1810 kali
Baca Unduh
eModul

Fisika Kelas XI KD 3.5

Peserta didik yang hebat, generasi masa depan “Indonesia Maju” semoga Ananda semua selalu dalam keadaan sehat dalam lindungan Tuhan YME, jangan mudah mengeluh dalam berbagai keterbatasan. Buatlah keterbatasan yang ada menjadi peluang untuk dapat melakukan yang terbaik, sehingga Ananda semua menjadi generasi yang tangguh dalam kondisi apapun yang senantiasa selalu mengharap petunjuk dan ridho dari Tuhan YME.

Selamat Ananda semua telah menyelesaikan modul sebelumnya, sekaligus selamat datang pada modul Rangkaian Arus Bolak - Balik. Pada modul ini penulis akan mengajak Ananda semua untuk mempelajari sesuatu yang menarik, juga sangat penting dalam perkembangan dan kemajuan Fisika dan menjadi dasar dari perkembangan listrik dalam kehidupan sehari-hari.

Listrik Arus bolak-balik (listrik AC — alternating current) adalah arus listrik dimana besarnya dan arahnya arus berubah-ubah secara bolak-balik. Berbeda dengan listrik arus searah dimana arah arus yang mengalir tidak berubah-ubah dengan waktu. Bentuk gelombang dari listrik arus bolak-balik biasanya berbentuk gelombang sinusoida, karena ini yang memungkinkan pengaliran energi yang paling efisien.

Secara umum, listrik bolak-balik berarti penyaluran listrik dari sumbernya (misalnya PLN) ke kantor-kantor atau rumah-rumah penduduk. Namun ada pula contoh lain seperti sinyal-sinyal radio atau audio yang disalurkan melalui kabel, yang juga merupakan listrik arus bolak-balik. Arus bolak-balik (AC) adalah sejenis arus yang mempunyai arah bolak-balik karena sumber arus listrik menghasilkan voltase bolak-balik karena sumber arus listrik menghasilkan voltase bolak-balik (voltase alternating). Baiklah Ananda semua, dalam modul ini akan membahas materi-materi tentang Arus dan Tegangan Bolak-Balik, Rangkaian RLC, Daya dalam Rangkaian AC dan penerapan listrik AC dalam kehidupan sehari-hari.

Bagikan:

KoleksiPanduan dan Praktik Baik