Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU) Pengolahan Kelas XI KD 3.4
Modul ini sebagai pendamping buku teks pelajaran (BTP) atau buku sekolah elektronik (BSE) sebagai media pendukung bagi kalian dalam memahami materi tentang strategi promosi makanan asli daerah.
Perlu kita pahami bahwa pemasaran tidak hanya berhubungan dengan produk, harga produk, dan pendistribusian produk, tetapi terkait pula dengan mengomunikasikan produk ini kepada konsumen agar produk dikenal dan pada akhirnya dibeli. Untuk mengomunikasikan produk ini perlu disusun strategi yang disebut dengan strategi promosi.
Strategi promosi merupakan suatu proses perencanaan pemasaran kepada calon konsumen dengan tujuan meraih peningkatan omzet dari volume penjualan sehingga dapat memenuhi target penjualan. Promosi juga merupakan upaya memberitahukan, menawarkan, membujuk, atau menyebarluaskan suatu barang atau jasa kepada calon konsumen dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli barang atau jasa yang ditawarkan.