Salah satu ciri bangsa yang maju adalah bangsa yang mempersiapkan generasi penerus
sebagai elemen penting penerus cita-cita bangsa. Penyiapan generasi muda atau sumber daya
manusia sangat penting dan menjadi prioritas karena dunia mengalami perubahan yang sangat
cepat dalam segala lini kehidupan. Perubahan ini perlu diantisipasi dengan mempersiapkan
generasi penerus yang memiliki kompetensi atau keterampilan berpikir kritis (Critical Thinking),
kreativitas (Creativity), komunikasi (Communcation), dan kolaborasi (Collaborative).
Salah satu upaya yang harus dilakukan dalam peningkatan ke empat kompetensi atau
keterampilan di atas adalah melalui penguatan literasi. Literasi adalah kemampuan untuk
memaknai informasi secara kritis sehingga setiap orang dapat mengakses ilmu pengetahuan
dan teknologi sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas hidupnya. Terdapat 6 (enam) literasi
dasar yaitu literasi baca tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi finansial,
literasi budaya dan kewargaan. Pada tahun 2021, pemerintah mulai menyelenggarakan Asesmen
Kompetensi Minimum (AKM) sebagai penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh
semua peserta didik untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada
masyarakat. Terdapat dua kompetensi mendasar yang diukur pada AKM yaitu literasi membaca
dan literasi numerasi.
Buku ini disusun mengacu pada Panduan Penguatan Literasi dan Numerasi di Sekolah yang
dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal PAUD, Dikdas dan Dikmen Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan Tahun 2021. Pembahasan dalam buku ini didesain lebih spesifik untuk penguatan
literasi dan numerasi di jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA). Buku ini diharapkan menjadi
inspirasi bagi satuan pendidikan dalam mengembangkan literasi dan numerasi sehingga tercipta
budaya literasi yang bertujuan membentuk peserta didik sebagai pembelajaran sepanjang hayat.
Implementasi dalam penilaian dikembangkan dalam buku lain yaitu Pengembangan Instrumen
Penilaian Berbasis Literasi Membaca di SMA, Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Literasi
Numerasi di SMA, dan Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Literasi Sains di SMA
Terima kasih kepada pihak yang terlibat dalam penyusunan dan pembahasan buku ini.
Semua pihak diharapkan dapat memberikan kritik, saran, dan masukan, sehingga buku ini lebih
bermanfaat untuk digunakan sesuai dengan kebutuhan.
Tipe: PDF
Label:
Ket: 1288 | 2174